Inspirasi Usaha

Biar Jualan Terus Berkembang, Ketahui Cara Bikin Pelanggan Tetap Setia!

Oleh AMAAN

Sahabat, mempertahankan pelanggan adalah hal terpenting di setiap usaha. Terlebih di tengah persaingan usaha, pelanggan yang setia adalah kunci menjaga usaha tetap bisa berjalan.

Selain menggaet pembeli baru, mempertahankan pelanggan lama juga bisa membantu kita mempromosikan usaha, sebab kepercayaan pelanggan bisa meluas dari mulut ke mulut lewat pujian akan kualitas produk dan pelayanan yang kita berikan.

Terus, gimana cara bikin setia pelanggan lama usaha kita ya? Mungkin beberapa cara berikut bisa membantu, simak yuk!

1. Menjaga kualitas produk

Menghadirkan produk berkualitas adalah cara mempertahankan pelanggan yang paling utama.

Pikirkan dengan matang dan eksekusi dengan maksimal produk yang akan kita tawarkan. Pastikan kita sudah menyesuaikannya dengan target pasar agar tak jauh dari ekspektasi.

Selalu jaga dan tingkatkan kualitas produk untuk menghindari rasa kecewa pelanggan. Kalau urusan kualitas produk sebagai inti dari usaha kita sudah baik, barulah mulai memikirkan hal lain untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Manfaat Membuat Anggaran, Enggak Sekadar Nyatet Duit Lho!

2. Buat program pelanggan

Cara mempertahankan pelanggan yang satu ini merupakan salah satu bentuk apresiasi yang dapat kita berikan kepada pelanggan setia. Meski sama sekali bukan cara baru, nyatanya banyak usaha besar yang masih menggunakan metode ini karena efektif.

Berikanlah kupon potongan harga setelah mereka berbelanja mencapai nominal tertentu. Agar turut mempercepat pembelian ulang, beri jangka waktu (batas maksimal) kapan pelanggan dapat menggunakan kupon tersebut.

Alternatif lainnya, kita bisa memberi poin setiap pelanggan melakukan pembelanjaan. Nantinya, mereka dapat menukar poin tersebut saat mencapai batas tertentu dengan hadiah, produk gratis, kupon diskon, dan sebagainya.

3. Lebih personal saat berjualan

Sentuhan personal membuat seseorang merasa lebih dihargai. Contoh sederhana saja: Kita tentu merasa lebih dihargai saat menerima pesan WhatsApp yang ditulis khusus untuk kita dibandingkan broadcast, bukan?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memberi sentuhan personal. Hal ini tentu kita sesuaikan sendiri dengan karakter dan skala usaha yang dilakukan.

Sebagai contoh, kita dapat memberi ucapan terima kasih dengan menuliskan nama pelanggan di atas kartu ucapan terima kasih yang bisa kita sertakan identitas usaha kita.

Baca juga: Tips Mengolah Modal Usaha dengan Maksimal

4. Manfaatkan komunikasi ke komunitas

Komunikasi yang baik adalah elemen kunci dalam menjaga usaha tetap berjalan dan bertahan. Karena itu, buka peluang komunikasi selebar-lebarnya dengan pelanggan, tetangga satu RT, maupun komunitas pengajian.

Buat usaha kita mudah ditemukan dan dihubungi oleh pelanggan. kita bisa memperluas jangkauan komunikasi melalui media sosial, nomor telepon, aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, dan lain-lain.

Tak kalah penting, terbukalah dengan feedback yang mereka berikan dan berikan apresiasi atas upaya mereka memberi feedback tersebut. Selain itu, pastikan pula kita cukup fast response saat pelanggan menghubungi.

5. Dapat dijangkau secara online

Hadirkan usaha dan jualan kita secara online bisa jadi cara andal memudahkan pelanggan untuk terus membeli. Selain itu juga membuka kesempatan untuk pembeli baru mencoba produk kita, lho.

Salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah Forum Promosi, fitur aplikasi AMAAN yang bisa digunakan secara gratis untuk semua pengguna aplikasi AMAAN.

Baca juga: Jangkau Lebih Banyak Pembeli, Lebih Mudah Lewat Forum Promosi!

Promosikan produk usaha dan jualan kita di Forum Promosi agar bisa dijangkau semua Ibu idAMAAN dan Sahabatnya secara online adalah cara paling oke untuk memasarkan jualan di jejaring komunitas AMAAN.

Nah bagaimana Sahabat, sudah mendapat inspirasi dari 5 tips di atas untuk mempertahankan pembeli biar terus menempel jadi pelanggan kita? Jangan lupa ya untuk manfaatkan fitur Forum Promosi!